Pembangunan Berkeadilan

BULAN Agustus 2018 ini Indonesia merayakan hari ulang tahun yang ke-73. Perayaan HUT RI selalu semarak dari kota hingga ke desa-desa. Adakah yang istimewa pada HUT RI kali ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya?

Menjawab pertanyaan sederhana di atas tentu bisa beragam pandangan yang muncul. Apalagi tahun 2018 ini merupakan tahun politik dimana Pilkada baru saja diselenggarakan dan lanjut tahun 2019 akan digelar pesta akbar Pemilihan Presiden.

Unduh PORTONEWS versi digital

Namun satu hal, kita patut bersyukur bahwa penyelenggaraan Pilkada 2018 berjalan aman, lancar dan damai dan sukses sehingga ratusan kepala daerah telah terpilih secara demokratis. Kondisi serupa juga kita harapkan terjadi pada penyelenggaraan Pilpres 2019 mendatang. Melalui Pilpres yang sukses dan lancar, maka kondisi negara akan aman dan tenteram.

Faktor keamanan itu menjadi sangat penting agar pembangunan tetap berjalan dan berkesinambungan. Siapapun pemimpin negara yang terpilih, pembangunan harus tetap berlanjut agar Indonesia bisa mengejar ketertinggalan di banding negara-negara lain. Melalui pembangunan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya mampu mensejahterakan rakyat.

Dalam empat tahun terakhir pembangunan infrastuktur di Indonesia sangat gencar dan telah menunjukkan sebuah kemajuan pesat. Bahkan, dapat dikatakan mengalami lompatan jauh. Ini sebuah prestasi bagi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan pun menurut pengamatan kami masih berjalan ‘on the track’.

Pembangunan infrastruktur juga tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi dilakukan di hampir semua wilayah Indonesia. Orientasi pembangunan kini malah lebih fokus ke luar Pulau Jawa untuk memangkas disparitas yang ada selama ini. Kini banyak megaproyek infrastruktur di luar Pulau Jawa.  Ada proyek Trans Papua, Trans Kalimantan, Trans Sulawesi, Trans Sumatera.

Selain membangun jalan arteri, jalan tol, jembatan, dermaga, bandar udara, ratusan waduk, infrastruktur energi listrik, BBM, dan juga proyek kereta api. Ke depan bukan hanya di Jawa dan Sumatera ada Kereta Api, melainkan juga di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan daerah lainnya.

Infrastruktur yang merata diyakini merupakan solusi yang paling tepat dalam mengatasi kesenjangan pembangunan, kesenjangan ekonomi di berbagai daerah. Dalam empat tahun terakhir fakta menunjukkan adanya keseimbangan dalam pembangunan, sehingga daerah di luar Pulau Jawa kian menggeliat dalam berbagai bidang.

Intinya Pembangunan infrastruktur tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga dilakukan hingga ke desa-desa, bahkan tidak ketinggalan pembangunan di perbatasan wilayah negara seperti di Papua, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur.  Kebijakan pemerintah dalam merealisasikan pembangunan sudah mulai menyentuh pembangunan yang berkeadilan meskipun belum maksimal. Pembangunan berkeadilan sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI. Selamat HUT RI ke-73, Jaya selalu NKRI.

BeritaTerkait Lainnya

Edisi Terakhir Portonews

LEBIH MUDAH DENGAN APLIKASI PORTONEWS :

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Translate »