Nawacita di Usia 74 Tahun Menuju Indonesia Mandiri

GEMAH ripah loh jinawi adalah suatu semboyan negara Indonesia yang dapat menggambarkan betapa kaya raya alam kita, alam Indonesia. … Menurut Mbah Google, Gemah ripah loh jinawi mempunyai artian yakni; “tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya”

Sudah 74 tahun usia Republik Indonesia. Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno pernah mengatakan agar Indonesia bisa Berdikari, atau diartikan berdiri di atas kaki sendiri. Soekarno memimpikan negeri Indonesia yang terkenal dengan jargon Gemah ripah loh jinawi ini mampu berdiri sendiri baik dari segala sisi, termasuk kemandirian ekonomi. Setidaknya Soekarno berharap Indonesia dapat unggul ditengah persaingan bangsa-bangsa di dunia.

Dapatkan Majalah PORTONEWS versi digital

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan unggul adalah lebih tinggi atau lebih pandai, lebih baik. Indonesia yang unggul artinya Indonesia yang lebih baik, lebih pandai daripada bangsa-bangsa lain di dunia

Joko Widodo (Jokowi) ketika berkampanye sebagai Calon Presiden 2019, menegaskan dirinya ingin terus memperjuangakan kemandirian bangsa Indonesia. Hal itu ia sampaikan saat menjelaskan visi misinya dalam debat debat terakhir Capres-Cawapres.

Jokowi menegaskan, selama ini pemerintah sudah mengupayakan pengelolaan aset yang sudah berhasil dimiliki Indonesia.

Dia menilai, kemandirian bangsa tersebut sangat penting untuk masa depan Indonesia selanjutnya. Sebab, lanjut Jokowi, dengan kemandirian bangsa maka ekonomi yang adil dan kesejahteraan masyarakat dapat dilakukan.

Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden untuk periode 2019-2024. Konsep Nawacita kelihatannya bakal dikumandangkan lagi sebagai tagline dari Kabinet Kerja Tahap Kedua oleh Pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin. Konsep Nawacita adalah konsep besar untuk memajukan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Untuk mengubah dan mewujudkannya, diperlukan kerja nyata tahap demi tahap, dimulai dengan pembangunan fondasi dan dilanjutkan dengan upaya percepatan di berbagai bidang.

Dalam menuju Indonesia Mandiri, terdapat tiga nilai utama untuk menggerakkan revolusi mental. Diperlukan integritas, etos kerja, dan gotong royong oleh semua lapisan bangsa. Melalui edisi 74 tahun RI Merdeka Menuju Kemandirian Ekonomi, PORTONEWS sengaja mengangkat tema ini. Fokus utama adalah ingin melihat kemandirian pangan dan kemandirian energi di Indonesia. Dua hal ini sangat vital bagi Indonesia. Beberapa narasumber kompeten disajikan dalam tulisan liputan utama. Kami mengolah kata yang dicuitkan pengamat, pejabat dalam tulisan.

Satu hal yang pasti terangkum dari hasil wawancara tesebut, Indonesia negeri yang memiliki sumber daya alam melimpah ruah dan dapat dijadikan kebutuhan pangan dan energi rakyatnya tanpa tedeng aling-aling. Untuk memenuhi kebutuhan pangan dan energi, diperlukan upaya keras dari semua pihak, rakyat dan pemerintah mencari, kelola, dan pertahankan kedaulatan pangan dan energi di negeri ini. Jangan sampai pangan dan energi di dominasi dengan impor. Walau kenyatannya Indonesia sulit lepas dari gurita impor pangan dan energi. Ini Pekerjaan Rumah (PR) terbesar bangsa ini. 

 

Godang Sitompul

Translate »